Tuesday, 6 January 2015

365 Halaman Yang Terlewati



6 Januari 2015,

Hampir seminggu sesudah perayaan yang banyak diperingati dengan berbagai cara oleh manusia di berbagai belahan bumi terlewati. Sebuah awal bagi setiap orang yang memiliki harapan dan impian. Ini seperti sebuah pemanasan sebelum kita berlari semakin kencang dari tempat awal menuju garis finish nantinya.

Sebelum kita berbicara mengenai segala harapan juga resolusi yang ingin kita raih di tahun baru ini, saya ingin mencatat dengan baik apa yang telah saya tuliskan sebelum tahun 2014 kemarin berjalan hingga satu persatu hal itu menjadi mimpi yang ternyata nyata.

"Tidak ada mimpi yang terlalu tinggi", yang ada hanya langkah kita yang terlalu melangkah sangat kecil.

Mungkin beberapa tahun lalu saya hanya bisa terus bertanya apa yang bisa saya lakukan, sebuah bisikan hati yang mengatakan mengapa saya tak bisa seperti mereka, sebuah anggapan bahwa saya tidak akan bisa melakukan apa yang memang menjadi impian saya sendiri. Tidak percaya diri mungkin itu diri saya di beberapa tahun lalu lamanya tapi sekarang, saya bisa percaya bahwa keyakinan akan diri sendiri merupakan kunci dari apa yang ingin diraih.

Saya pernah membaca sebuah buku yang ditulis oleh Alanda Kariza berjudul "Dream Catcher" di bukunya ia menuliskan bahwa apapun yang ingin kamu raih tuliskan itu dalam secarik kertas. Tulislah apapun yang kamu inginkan jangan lupa tulis juga bagaimana cara-cara yang akan kamu lakukan untuk membuat semua itu menjadi nyata. Ketika dalam kurun waktu tertentu cobalah buka kembali catatan itu dan lihat akan ada contrengan untuk hal-hal yang telah kamu lakukan sesuai dengan list keinginanmu. Hal itu yang sedang saya coba lakukan semenjak dua tahun lalu sampai sekarang, saya terbiasa menuliskan apa yang ingin saya raih beserta kiat-kiat yang harus saya lakukan untuk mencapai hal tersebut.

Satu tahun lalu sebelum tahun 2014 menyentuh bulan pertamanya saya menuliskan beberapa hal yang ingin saya raih selama setahun dan setiap bulannya saya menulis juga apa saja yang ingin saya capai selama sebulan itu. 

  • Saya pernah berkeinginan untuk menjadi volunteer dengan menjadi divisi Dokumentasi untuk sebuah acara musik, hal itu bisa saya wujudkan ketika saya berkesempatan menjadi tim Dokumentasi untuk acara Ramadhan Jazz Festival 2014. Disana saya banyak bertemu dengan orang-orang hebat dan saya mendapatkan banyak sekali pengalaman.
  • Terlibat dalam kegiatan Volunteer, itu juga saya tuliskan yang memang saya ingin lebih bisa berinteraksi dengan banyak orang. Saya beberapa kali terpilih menjadi volunteer untuk sebuah acara yang berbeda-beda.
  • Menyelesaikan kuliah dan lulus tepat waktu di tahun 2014 kemarin adalah salah satu resolusi terbesar saya. Hadiah yang bisa saya berikan untuk kedua orang tua saya.
  • Menerbitkan buku, Alhamdulillah di beberapa bulan yang lalu buku saya sudah terbit walaupun masih dalam terbitan indie. Hal ini adalah hadiah terbaik bagi diri saya sendiri.
  • Bekerja sesuai passion, siapa yang tidak ingin seperti ini. Di penghujung akhir tahun 2014 saya akhirnya bisa menjadikan menulis sebagai sesuatu yang menghasilkan. Saya berkesempatan untuk bisa menjadi freelance penulis dan salah satunya saya bisa menulis dalam suatu website musik yang memang salah satu cita-cita saya. Tidak ada yang paling membahagiakan ketika kalian melakukan hal yang disukai dan kalian dibayar untuk itu :)

Sebenarnya masih ada yang belum tercontreng dan itu berarti masih harus ada upaya yang lebih besar agar saya bisa mewujudkannya. Namun bagaimanapun saya sangat bersyukur atas semua pencapaian yang telah Allah titipkan pada saya. Apa yang saya tulis bukan lantas membuat saya bermaksud untuk menyombongkan apa yang saya raih karena itu tidak seberapa dengan orang yang mungkin lebih hebat pencapaiannya namun satu yang harus kalian tahu bahwa saya pernah sempat merasa saya tidak akan pernah bisa mencapai itu semua sampai pada akhirnya saya sadar bahwa keyakinan akan diri sendirilah yang akan membuat kita akan menjadi lebih berani menghadapi tantangan-tantangan untuk meraih impian kita.

So, be ready for 2015 :)

No comments:

Post a Comment