Thursday, 14 April 2016

Kenalan Yuk Sama ATC Cantik Asal Tangerang! | Q!Talk Vol 3


"Lalu lintas pesawat aja dijagain, gimana hati kamu"



Source : Pinterest
Kebayang dong gimana susah payahnya seorang ATC (Air Traffic Controller) dalam mengemban tugasnya menjaga lalu lintas pesawat, ketimbang jagain hati kamu doang mah bisa sambil jalan lah..ahahaha *dikeplak*

Kegiatan sehari-harinya ATC memang  memastikan pesawat yang wara-wiri di udara bisa aman dan lancar tanpa ada saling cekcok. Berbicara soal itu saya punya salah satu teman baik yang profesinya juga sebagai ATC. Kalian tahu kan kalau tugasnya seorang ATC ini cukup atau memang berat karena bisa dibilang nyawa-nyawa yang ada di dalam pesawat juga jadi tanggung jawab mereka.

Fokus dan Disiplin!


Kayaknya jadi hal yang mutlak dan harus dimiliki oleh seorang Air Traffic Controller. Bayangin aja kalau kamu cuma sibuk mikirin dia yang udah bahagia sama yang lain tapi tetep aja cinta gimana bisa fokus buat jagain lalu lintas penerbangan *eaagh*. Lalu kalau kamu masih suka nggak disipilin dan masih aja buat kepoin Instagramnya mantan buat tau dia lagi sama siapa sekarang yah nanti-nanti aja deh jadi ATCnya.. *eaaagh*

Daripada kebanyakan kata pengantar mending langsung aja yuk kenalan dan ngobrol-ngobrol seputar profesi ini sama narasumbernya langsung! Cekidot...


Sebelumnya cuma mau #FYI aja, cewek kelahiran 1994 bulan Februari ini hatinya udah ada yang jaga jadi dia tugasnya double selain jagain lalu lintas pesawat tapi juga jagain hatinya si dia.. *eaghh* Buat yang mau modus cukup sampai sini aja ya..hahaha

Etapi kalau yang mau tau lebih dalam tentang pekerjaannya boleh lanjutin bacanya.


Sesi Q!Talk kali ini barengan sama teman baik saya namanya Nina Rahmah. Awal kenal itu sewaktu masuk SMP yang sama, SMA pun satu sekolah, kuliah berbeda jurusan namun hubungan pertemanannya sangat baik dan dekat sampai sekarang. Kita punya cerita lumayan lucu waktu SMA *duh ngakak banget kalau diinget* inget gak nin gue telpon? hahaha, tapi mungkin itulah yang membuat persahabatan kita bisa awet bak kisah percintaan Cinta Fitri.

Baik kalau gitu untuk mengawali ngobrol-ngobrol kita bagaimana kalau dimulai dari say hi buat cewek yang udah kerja dan ditugasin di Cilacap ini.

Adele - Hello
Source : www.idolator.com
*Terdengar sayup-sayup Adele memanggil*

  • Halo Nina Apaka Kabar? Sibuk ngapain aja nih?
Alhamdulillah Baik, Untuk kesibukan sekarang ini sih masih sibuk kerja aja si.

  • Boleh tau nggak sedikit tentang profesi lo sebagai ATC (Air Traffic Controller) itu ngapain aja  si tugasnya?
Boleh dong, secara garis besar sih tugas dari seorang ATC adalah mengatur lalu lintas pesawat di udara agar cepat, aman dan lancar.

  • Dulu si gue masih nggak terlalu paham sih yah kenapa disaat yang lain pilih jurusan dokter, manajemen, ekonomi, broadcasting tapi lo malah milih jurusan ATC. Apa yang akhirnya bisa memotivasi?
Sebenarnya juga gue nggak tau malahan ATC itu apa dan akan bagaimana, nggak kepikiran juga saat itu. Tapi karena keluarga mau yang terbaik akhirnya mereka kasih saran dan masukan buat gue pilih jurusan itu. Setelah niat dan bertekad akhirnya gue pun memutuskan untuk mengikuti tes di STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia). Setelah melalui proses yang cukup panjang akhirnya gue pun keterima dan akhirnya sampai sekarang deh terjun sebagai seorang ATC.

  • Setiap pekerjaan itu pasti ada suka dan dukanya, kalau lo kira-kira apa aja suka duka dalam bekerja sebagai seorang ATC?
Dukanya dulu deh, kalau yang kurang menyenangkannya si dalam pekerjaan yang sekarang itu nggak mengenal kata weekend atau hari libur Nasional yang kalau di kantor-kantor pada umumnya pasti itu ngaruh banget karena waktunya bebas dari kerjaan. Satu lagi kalau saat cuaca buruk otomatis itu pengaruhnya sama jarak pandang yang terbatas. Bikin khawatir banget deh pokoknya kalau lagi cuaca buruk datang. Sukanya si kalau udah lihat pilot-pilot itu bisa takeoff dengan sempurna dan juga landing dengan selamat dan aman sentosa. 

*Apalagi kalau pas turun liat pilotnya kaya gini.......*

"Dia cuma jalan loh padahal tapi kita yang liat udah lemes sebadan-badan kayak orang tipes"

Descendant Of The Sun

*Belum lagi pas pilotnya turun lalu disenyumin kaya gini.....*

"Sudah dipastikan kamu bakal nggak bisa tidur terus bayangin senyumnya sampai-sampai sudah jadi gila pun nggak sadar"

Descendant Of The Sun

*perumpaan aja ya Oppa Joong Ki ini bukan pilot sih..hahaha*

  • Oke, pertanyaan selanjutnya adalah hal seru apa yang cuma bisa didapetin sama anak-anak ATC?
Hal seru ya itu ketika lo udah ngerasa enjoy dan mulai dapet feelnya saat ngontrol. Ibaratnya nih lo berasa main games tapi orangnya benar-benar nyata..hahaha

  • Wah kira-kira kalau kayak main games nyawanya bisa sampai 10 nggak kayak di permainan Mario Bross? hahha Terus, terus susah nggak si sebenarnya kerja begini dan gimana kalau misalkan ada yang mau berkarir di ATC ini, harus masuk kemana si?
Semua kerjaan si nggak ada yang gampang yah karena punya resikonya masing-masing dan ini pun berlaku buat kerjaan sebagai ATC yang menurut gue pun nggak mudah. Disini dibutuhin banget gerak yang cepat, pinter-pinter mengelola kemampuan dengan baik dan tentunya adalah bagaimana kita bisa menyelesaikan apapun dengan cara yang terbaik dan diyakini.

Buat kalian yang minat bisa ikut pendidikan khusus di lembaga yang ada dibawah naungan Kementrian Perhubungan, seperti misalnya STPI Curug, ATKP Surabaya, ATKP Medan, ATKP Makassar. Nah kalian bisa coba deh salah satu dari yang udah disebutin itu, Good luck ya!

  • Sebetulnya nih hal apa si yang paling penting atau modal yang mesti banget di miliki buat teman-teman yang mau jadi ATC?
Pokoknya kalian punya keinginan untuk jadi ATC adalah satu lo harus disiplin. Sikap disiplin itu penting banget apalagi dalam pekerjaan ini karena sikap inilah yang akan membuat seseorang itu bisa lebih diandalkan. Tugas untuk memberikan pelayanan Penerbangan yang serba cepat itu menuntut kita untuk bisa mengambil keputusan dengan cepat dan juga komitmen yang tinggi karena itulah disiplan sangatlah penting.

  • Wah keren! Satu lagi nih pertanyaan Nin, menurut lo sekarang ini sistem Penerbangan di Indonesia itu kaya gimana? Terutama di bagian ATCnya yang juga salah satu aspek penting dalam membantu kelancaran dalam dunia penerbangan.
Wih agak berat ya pertanyaannya..hahaha ya, kalau buat gue si sistem penerbangan yang udah ada sekarang ini sudah cukup baik, tertata dan udah banyak berkembang juga dari tahun ke tahun. Begitu pun dengan bagian ATC sendiri yang tiap tahunnya selalu ada peningkatan dan perkembangan dari tahun-tahun sebelumnya. Tapi semua itu tetap harus terus berkembang lebih baik lagi guna meningkatkan segala aspek yang mendukung kinerja dan juga kualitas dalam Negeri untuk bisa bersaing dengan Negara-negara lainnya.

Tuh, keren banget kan! Pokonya kita sama-sama dukung biar semuanya selalu semakin baik ya kedepannya. 


Biarpun dikata jauh dari orang tua, keluarga dan teman-teman yang ada di Tangerang tentu disana pun ketemu sama keluarga baru yang juga baik-baik.

Ternyata setelah ngobrol-ngobrol kita jadi lebih tahu ya gimana si pekerjaan dan seluk beluk dari pekerjaan menjadi seorang ATC itu. Kalau misalkan kalian punya pertanyaan tentang sesuatu yang masih berhubungan bisa tinggalkan komentar dibawah nanti insha Allah akan saya sampaikan langsung ke orangnya dan coba untuk dijawab.

Terima kasih Nina untuk sharingnya dan semoga karirnya semakin sukses ya untuk kedepannya.

 "Because Sharing is Caring"


Sampai jumpa di Q!Talk berikutnya!

7 comments:

  1. Keren ki & nina :)
    Udh mau berbagi pengalaman nya.
    Setuju sama kata" setiap kerjaan, punya resiko masing" :)

    ReplyDelete
  2. Wah keren, selamat bekerja untuk keselamatan penumpang pesawat dan pilot :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat bekerja juga buat mba Titis yaaa :))

      Delete
  3. mantap.. selama bekerja ya. sukses terus

    ReplyDelete
  4. mantap.. selama bekerja ya. sukses terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, selamat bekerja dan sukses jugaa yaaa :) Terima kasih sudah mampir ke sini :D

      Delete